About My Agriculture Faculty

Kalau Anda sedang kebetulan lewat jalan veteran, silakan saja masuk melalui gerbang veteran, kemudian melalui post satpam depan, dan belok kiri... Jalan terus, melewati gazebo majapahit (sebutan untuk gazebo UB)... kemudian Anda akan melewati bagian paling tidak menyenangkan dari sini.... TPA (Tempat Pembuangan Akhir), well sebenarnya itu adalah UPT (Unit Pelaksanaan Teknis) Kompos, tapi karena masyarakat banyak membuang sampah di sekitar UPT (numpang gitu maksudnya...) jadilah ini UPT sekaligus TPA baik dari warga UB sendiri maupun dari luar UB (mengenaskan!). Kalau sampahnya sampah organik sih tidak masalah, karena bisa di dekomposisi sebagai pupuk organik limbah rumah tangga, lha kalau sampah anorganik seperti plastik, kaca dll, gimana?

Sudah...sudah.. lanjutkan perjalanan, setelah anda melewati bagian UPT, anda akan menemukan glass house, yang Alhamdulillah tetap bolong-bolong atapnya, sepertinya sudah dari zaman sebelum saya nangkring disini, sesuatu banget ya... Herean tingkat akut! Disana juga ada rumah kaca untuk praktikum Agrokompleks, perikanan,pertanian dan peternakan... Tapi entah sejak kapan tidak pernah dipakai lagi, sudah seperti rumah hantu saja... Beneran, kalau pulang malam sering merinding!

Setelah itu.. taraaaanggg... dan, inilah Fakultas Pertanian saya yang tercinta (idih..sok romance banget yah!), pertama anda akan mendapati gedung BP (Budidaya Pertanian), dengan lapangan parkir yang lumayan rindang di sebelahnya, dan ada juga gazebo yang sedikit gelap sebenarnya, tapi lumayan ramai oleh mahasiswa kalau pagi... Di sisi kiri jalan anda akan menemukan gedung HPT (Hama Penyakit Tanaman), entah kenapa ya...orang-orang suka duduk-duduk di depan HPT kalau tidak ada dosen...

Jika anda berjalan terua, anda akan menemukan dua jalan yang berbeda, mari saya ajak anda untuk belok ke sebelah kiri terlebih dahulu... Saat anda berbelok, zink... anda akan merasakan suasana damai sebab pohon-pohon rindang bunga sikat botol siap sedia melindungi anda dari sinar matahari, pun dari hujan. Dibalik rindang pohon itu, ada dua gedung, gedung BP yang tadi itu dan gedung TANAH... Nuansanya hampir sama... lantainya sama-sama berwarna merah marun... Tapi jujur saja, saya tidak terlalu faham dengan gedung TANAH, sebab hati saya lebih tertaut pada BP, jadi ngapain aja yaa di BP... Jadi, mari saya ajak anda bertualang di gedung BP saja ya...

Bertama memasukinya, rasanya adem... sejuk... entah kenapa, mungkin karena jiwa saya dan gedung ini telah bersatu... Lobbynya yang luas, lengkap dengan maja kursi panjang untuk para mahasiswa wifi-an ataupun mengerjakan tugas rutin (baca:laporan praktikum :0). Ada beberapa ruangan yang melekat di hati saya selain lobby ini... karena jujur saja, lobby ini adalah tempat nangkring saya sejak semester satu.

Pertama adalah laboratorium SDL, letaknya di lantai 1 gedung BP, ada yang sebelah kanan, dan kirinya tangga... Sebenarnya lab itu sempit, tapi disanalah saya mulai mengenal Ekologi Pertanian pelajaran yang membuatku lebih menghargai alam. Selanjutnya, mari kita naik di lantai2. Dengan menaiki anak tangga, BTW saya suka tangga di BP ini, tangganya luas, jadi tak perlu khawatir bersimpangan dengan orang yang lalu lalang naik turun tangga.

Akhirnya sampai kita di lantai 2, ada lab Pemuliaan Tanaman di sebelah kiri tangga, dan lab Fisiologi Tanaman di sebelah kanan... Saya suka di dua tempat ini, tapi saya lebih akrab dengan suasana yang disuguhkan lab Pemulliaan Tanaman... ada yang membekas disini dengan sese.....* ups, jadi curhat! Jadi intinya, saat semester 1 dulu, saya suka sekali dengan mata kuliah Genetika, akhirnya membuat saya tertarik untuk masuh jurusan PT, secara tidak langsung saya suka juga dengan tempat ini, tempat saya akan banyak menghabiskan waktu...

Sebenarnya masih ada satu lantai lagi, tapi mari saya ajak anda untuk turun saja, sebab lantai 3 hanya ruang kuliah biasa, dengan lab bioteknologi yang harus selalu steril itu...

Setelah kita keluar dari gedung BP, maka jika kita berjalan terus kiri maka kita akan menemukan gedung pasca sarjana di sebelah kiri dan gedung jurusan Sosial Ekonomi di sebelah kanan... seperti gedung lainnya, isinya hanya ruang kuliah, sepertinya juga tidak ada lab, dan karena saya jarang pergi kesini, jadi sedikit kurang faham juga :)

Kembali lagi di persimpangan jalan depan... Sekarang biarkan saya membawa anda ke UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Saya bermaksud sedikit menyombongkan diri, di UB ini, pohon rindang seperti sikat botol dll mulai diganti dengan pohon palm, hoh...bisa dibayangkan gimana panasnya, tapi khusus di FP ini pohon-pohonnya tetap terjaga, iya dong apa kata dunia kalau FP gak punya pohon... Back to the point! Well, dalam perjalanan, suasana mirip dengan jananan menuju gedung BP dan TANAH sih, bedanya di sebelah kiri kita ada gedung Fakultas Pertanian, semua kegiatan administrasi berjalan disini. Sedangkan di sebelah kanan ada gedung HPT yang tadi kita temukan di depan...

Di ujung jalan ini, anda akan mendapati gazebo FP (surga para mahasiswa), disini, semua bisa ngapain aja, mua ngrumpi ya silakan, mau merokok ya harus minta ijin dulu), mau makan sepuasnya ya ada di situ (tapi inget bayar), mau wifi-an monggo (tapi rada susah sih connectnya disini, suer!), mau ngerjakan laporan (awas kertasnya basah), ngga tau ya, kesan saya tentang gazebo ini, rada jorok, tau kenapa? keran mahasiswanya ngga pandai menjaga kebersihan!

Ada lagi surga dunia bagi MAPERTA... UKM! Unit Kegiatan Mahasiswa... Bagi yang suka nulis ada Canopy dan Prisma, yang suka seni ada bengkel seni, yang suka Kerohanian ada Forsika, KMK, CC, ada sport *ga tau namanya*, yang suka wirausaha boleh gabungan di bursa comunity, ada juga himpunan-himpunan : HIMADATA (Himpunan Mahasiswa Budidaya Pertanian), HIMAPTA (Himpunan Mahasiswa Hama Penyakit Tumbuhan), HMIT (Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah), PERMASETA (Per(ga tau lupa)* Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian), dan yang paling ramai diantara yang lain : BEM dan DPM...

Di sebelah kiri UKM bersama ada kantin, yang selalu ramai sekali bak gang kelinci... suerr! kalau mau makan mending rebutan tempat dulu deh! Dan, yang suka ngademin ruhani, mari saya ajak ke sebelah kanan UKM bersama, musholla Nurul Falah... Musholanya sempit sih memang, dan rada gelap, tapi rasanya selalu damai disini... Dan disinilah tempat kita mengakhiri touring kita di FP tercinta ini :D

Terimakasih telah mengikuti saya seharian ini di FP :D semoga anda yang sudah jadi MAPERTA jadi lebih mencintai FP tercinta, yang belum kuliah semoga tertarik masuk FAPERTA, yang bukan anggota MAPERTA, semoga senang dan sering mampir di sini...

Salam MAPERTA... Go GREEN :)

Komentar

  1. jadi ikutan apaan aja ekskulnya?

    BalasHapus
  2. hmm... bem... ga minat.. canopy... majalahnya ga pernah eksis.. akhirnya ya sudah... jdi asisten aja, lebih asik :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waiting for the next Kimi Ni Todoke's season

indonesian school uniform

3D Home Design: Home Sweet Home