3D Home Design: Home Sweet Home


I know im random...
But today i wanna share this to you...

Dulu aku pernah ingin jadi arsitek... tapi entah dengan alasan apa, akhirnya cita-cita itu nggak kesampaian (lebih tepatnya nggak direalisasikan dengan nyoba daftar ke jurusan arsitektur). Sampai sekarang, masih suka iseng-iseng bikin desain rumah, ceritanya lagi ngayal kalau nanti punya rumah sendiri mau dibikin kaya gimana? 

Awalnya cuma corat-coret di kertas, tapi lama-lama bosen juga. Untungnya beberapa waktu lalu aku nemu aplikasi yang namanya SweetHome3D. Aplikasi ini gampang dan anti mikir hehe. 

1. Bikin lantai


Tentukan dulu, mau bikin bangunan ukuran berapa x berapa meter. Mau bentuk persegi/ persegi panjang/ segi tiga dll. 

Warna dasar lantai juga bisa diubah-ubah sesuai selera melalui opsi Plan --> Modify room

Misalkan aku pilih Wooden Floor maka hasilnya akan seperti ini:


2. Dinding...


Kalau mau bikin dinding tinggal pilih tools wall. Untuk mengatur ketinggian dan warna dinding caranya sama, yaitu lewat Plan --> Modify wall, seperti berikut:

Hasilnya seperti ini:

3. Furnitur dan Interior
Pilih di bagian kiri pada opsi: Badroom, bathroom, doors and windows etc... pilih furnitur yang ingin ditambahkan ke dalam rumahmu... Caranya gampang. cukup tarik furnitur ke dalam worksheet Kamu juga bisa mengedit ukuran dan warna dengan cara klik dua pada objek.

Yey. sekarang rumah kamu udah jadi. Kalau mau tau secara 3D, seolah-olah kita masuk di dalamnya, caranya dengan klik pada 3D View --> Virtual visit

 Ini kamar tidur, dengan single bed, sofa dan TV...
Kitchen merangkap tempat cuci baju karena disitu nyempil mesin cuci baju diantara disk washer dan fridge... merangkap juga ruang tamu yang lesehan biar santai (alias rumahnya gak muat kalau dikasi kursi)...
Kamar mandi (yang sebenernya ada sliding doornya, tapi dihapus biar bisa keliatan dalamnya pas di screenshoot). Gak pake bak mandi biar anti nguras! LOL! Nyempil di sebelahnya adalah lemari yang multifungsi...

Dalam project kali ini, ukuran rumah 6x4 meter... sengaja bikin tanpa halaman... kalau teman2 pengen bikin yang ada halamannya silakan dicoba...

Gimana? Asik kan? Jadi pengen beneran bikin rumah yang asli... Mari menabung man-teman... 

Kalau aku... lagi pengen bikin rumah kecil (buat ngumpet)... ada kalanya pengen bikin desain rumah besar... yang bisa diisi banyak orang (karena basicly merindukan rumah mbah yang super besar dan super ramai di kala lebaran). Tapi belakangan jiwa introvert muncul, sampai terbawa ke ide desain rumah minimalis (Ukuran 6x6 m yang sebenernya gak minimalis kalau dihuni sendiri) seperti ini:

A. LIVING ROOM
B. BED ROOM
C. BATH ROOM
D. KITCHEN
E. BALCONY

Jadi begitu ceritanya... semoga bermanfaat. Barangkali ada yang mau buat rumah, siapa tau menginspirasi untuk buat dulu desainnya. Jangan sampai pas udah jadi, eh... rumahnya gak efektif dan efisien, yang berkibat nggak nyaman untuk dihuni.

Jadi gimana?
Cocok nggak aku jadi arsitek?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waiting for the next Kimi Ni Todoke's season

indonesian school uniform